Pemesanan : 0811-7231-093 | COD JABODETABEK, KARAWANG, MEDAN, SURABAYA, YOGYAKARTA, BANDAR LAMPUNG

Upaya Pencegahan Penyakit Batu Ginjal

Bagi penderita batu ginjal, pasti tahu bagaimana rasa sakit yang tak tertahankan akibat penyakit ini. Bagi banyak orang, mengalami batu ginjal bukan hanya terjadi satu kali dalam hidupnya, tapi bisa terjadi lagi meskipun sudah dilakukan operasi untuk menghilangkan batu ginjal. Oleh karenanya upaya pencegahan penyakit batu ginjal adalah jalan terbaik untuk menghindari batu ginjal kembali datang ke dalam tubuh.

Mencegah timbulnya batu ginjal tidaklah rumit, asal kita punya tekad yang kuat untuk melakukannya. Batu ginjal terbentuk ketika bahan kimia tertentu terkonsentrasi di dalam urin dan membentuk kristal. Kristal kemudian tumbuh menjadi massa yang lebih besar, sebuah batu. Jika batu terjebak di suatu tempat dan menghambat aliran urin, akan menyebabkan nyeri yang sangat menyakitkan.

Sebagian besar batu terjadi ketika kalsium bercampur dengan salah satu dari dua zat berikut: oksalat atau fosfor. Batu juga dapat terbentuk dari kelebihan asam urat dalam tubuh.

Mencegah batu ginjal berarti mencegah kondisi yang dapat menyebabkan pembentukan batu. Berikut adalah rekomendasi dari Dr Melanie Hoenig, seorang asisten profesor kedokteran dari Harvard University untuk pencegahan penyakit batu ginjal.

Minum banyak cairan

mencegah batu ginjal dengan air putihMinum lebih banyak cairan bermaksud untuk mengencerkan zat dalam urin yang dapat menyebabkan batu ginjal. Upayakan untuk minum cukup cairan ( 8 gelas ) untuk menghasilkan 2 liter urine setiap harinya. Cairan terbaik adalah air putih, namun dapat juga disertakan dengan minuman lain seperti jus jeruk. Jus jeruk sangat baik untuk mencegah pembentukan batu ginjal, karena kandungan sitrat didalamnya.

Penuhi Kebutuhan Kalsium Harian

Mengkonsumsi terlalu sedikit kalsium dalam pola makan keseharian Anda, dapat menyebabkan kadar oksalat meningkat dan menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Untuk mencegah hal ini, pastikan untuk mengkonsumsi kalsium dalam jumlah cukup, yang sesuai dengan usia Anda.

Kalsium yang baik didapatkan dari makanan, atau juga dari suplemen kalsium yang bisa dengan mudah didapatkan di apotik atau toko obat. Pria yang berusia di atas 50 tahun harus mendapatkan 1.000 miligram kalsium per hari, juga memerlukan 800-1000 IU vitamin D untuk membantu tubuh menyerap kalsium.

Lihat Juga : Obat Penghancur Batu Ginjal Alami

Kurangi Asupan Natrium ( sodium )

Diet tinggi natrium dapat memicu batu ginjal, karena dapat meningkatkan jumlah oksalat dalam urin Anda. Batasi asupan natrium harian sebesar 2.300 mg. Jika Anda pernah mengalami penyakit batu ginjal karena kelebihan natrium, maka kurangi asupan natrium menjadi 1.500 mg perhari. Hal ini juga sangat baik untuk menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung.

Batasi Asupan Protein Hewani

Makan terlalu banyak protein hewani, seperti daging merah, unggas, telur, dan seafood, meningkatkan tingkat asam urat yang juga dapat menyebabkan batu ginjal. Pola makan yang tinggi protein juga mengurangi tingkat sitrat, bahan kimia dalam urin yang membantu mencegah pembentukan batu ginjal.

Hindari Makanan Yang Bisa Membentuk Batu Ginjal

Hindari konsumsi makanan kaya oksalat secara berlebihan, karena akan menyebabkan pembentukan batu ginjal. Makanan kaya oksalat contohnya: buah bit, coklat, bayam, dan teh. Selain itu juga jangan berlebihan mengkonsumsi makanan dan minuman kaya fosfat, yang juga berkontribusi untuk membentuk batu ginjal. Makanan dan minuman kaya fosfat contohnya: coca cola dan berbagai jenis produk kemasan.

Jika Anda sedang menderita batu ginjal, dokter biasanya menyarankan Anda untuk menghindari makanan kaya oksalat dan makanan kaya fosfat ini.

Hindari Konsumsi Vitamin C Secara Berlebihan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa laki-laki yang mengkonsumsi suplemen vitamin C dalam dosis tinggi, juga memiliki risiko untuk mengalami batu ginjal. Hal ini dikarenan vitamin C yang masuk ke dalam tubuh di metabolisme menjadi oksalat.

Kesimpulan

Untuk sebagian orang, makanan dan minuman tertentu tidak memicu pembentukan batu ginjal kecuali dikonsumsi dalam jumlah yang sangat tinggi. Dikarenakan ada faktor lain yang mendukung, seperti metabolisme tubuh, rutinitas olahraga, pola makan sehat dll.

Namun bagi Anda yang sudah pernah mengalami penyakit batu ginjal dan ingin mencegah agar tidak terulang lagi (kambuh). Maka tips diatas sangat berguna dalam pencegahan penyakit batu ginjal di atas sangat bisa diandalkan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.