Pemesanan : 0811-7231-093 | COD JABODETABEK, KARAWANG, MEDAN, SURABAYA, YOGYAKARTA, BANDAR LAMPUNG

Top 8 Makanan Penurun Asam Urat Dengan Cepat

Penyakit asam urat disebabkan karena kadar asam urat tinggi dalam darah yang juga disebut Hiperurisemia. Kadar asam urat tinggi tidak bisa diremehkan karena bisa membentuk batu ginjal dan menyebabkan gagal ginjal. Sebuah studi menunjukkan bahwa peningkatan kadar asam urat dalam darah dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular dan tekanan darah tinggi.

Diet sehat memiliki peranan besar untuk mencegah penyakit asam urat. Namun bagi Anda yang memang sudah menderita penyakit asam urat, kali ini akan dijabarkan makanan yang dapat menurunkan kadar asam urat dengan cepat.

Top 8 Makanan Penurun Kadar Asam Urat

1. Buah Ceri

makanan untuk menurunkan asam uratCeri adalah salah satu makanan terbaik untuk menurunkan kadar asam urat dengan cepat. Senyawa bioflavonoid di dalam ceri dapat membantu mencegah kristalisasi asam urat dalam persendian.

Selain itu ada senyawa proanthocyanidins, dan antosianin yang telah diteliti dapat mengurangi serangan asam urat sebesar 35%. Penelitian itu dilakukan pada tahun 2012 dan dipublikasikan pada the journal Arthritis Rheumatism.

2. Cuka sari apel

Cuka sari apel telah dikenal luas akan khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Asam malat dalam cuka sari apel dapat membantu memecah dan mengeluarkan kristal asam urat dari tubuh.

Minumlah cuka sari apel dua sampai tiga kali sehari untuk membantu mengontrol kadar asam urat. Secara umum, buah apel juga dapat membantu mengendalikan kadar asam urat, meskipun khasiatnya tidak sebaik cuka sari apel.

LIHAT JUGA : Kenali Tanda dan Gejala Asam Urat

3. Lemon

Buah lemon merupakan sumber vitamin C dan asam sitrat yang melimpah. Vitamin C dan asam sitrat akan merangsang pembentukan kalsium karbonat, hasilnya kadar asam urat dapat dikendalikan. Asam sitrat dan vitamin C yang ada di dalam jeruk nipis juga dapat membantu menurunkan kadar asam urat dengan cepat.

Anda dapat mencampur perasan jeruk nipis atau lemon ke dalam segelas air dan meminumnya setelah makan untuk mencegah serangan asam urat.

4. Buah zaitun

Vitamin E dan senyawa antioksidan lainnya di dalam buah zaitun sangat penting untuk mengontrol kadar asam urat. Selain itu di dalam buah zaitun terdapat senyawa hidroksitirosol yang bersifat anti-inflmasi, sehingga sangat baik untuk mengobati peradangan pada persendian akibat kristal asam urat.

Anda dapat menambahkan minyak zaitun untuk salad, sayuran, dan pasta. Hindari menggunakan minyak zaitun untuk menggoreng, karena penderita asam urat harus selalu menghindari makanan yang digoreng. Jika mau lebih praktis, Anda dapat mengkonsumsi suplemen penurun kadar asam urat yang mengandung zaitun hidroksitirosol, seperti Amazon Plus.

BACA JUGA : Manfaat Buah Zaitun Untuk Kesehatan Tubuh

5. Berries

Buah berries seperti acai berry, blueberry, stroberi, goji berry, cranberry, dan yang lainnya harus masuk ke dalam daftar makanan penurun asam urat Anda.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Iranian Red Crescent Medical Journal mengungkapkan bahwa senyawa bioflavonoid di dalam buah berries dapat membantu mencegah kerusakan kolagen dan mengatasi peradangan.

BACA JUGA : Kandungan Gizi Acai Berry

6. Kacang Pinto

Asam folat sangat penting dalam pengobatan asam urat, dan makanan tinggi folat dapat membantu mengurangi kadar asam urat. Kacang pinto merupakan sumber asam folat dan mengandung kadar purin yang rendah, sehingga sangat tepat untuk masuk ke dalam menu makanan Anda.

7. Peterseli ( Parsley )

makanan penurun asam uratPeterseli mengandung konstituen flavonol utama, quercetin dan kaempferol yang ternyata dapat mengurangi kadar asam urat berlebih dalam tubuh. Peterseli akan bertindak seperti diuretik alami dan membantu tubuh Anda mengeluarkan kelebihan asam urat.

Sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam Iranian Journal of Pharmaceutical Research menemukan bahwa quercetin dan kaempferol secara signifikan mengurangi kadar asam urat. Sebuah flavon bioflavonoid tertentu dalam peterseli yang disebut apigenin juga dapat mengurangi kadar asam urat. Apigenin dapat menghambat enzim xantin oksidase, yang bertanggung jawab atas konversi purin menjadi asam urat.

8. Biji rami

Biji rami dan minyak biji rami merupakan sumber yang baik dari asam lemak esensial yang dapat membantu mengurangi peradangan akibat kristal asam urat.

Itulah penjelasan singkat mengenai 8 makanan penurun asam urat dengan cepat. Segera praktek dan rasakan khasiatnya bagi Anda.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.