Pemesanan : 0811-7231-093 | COD JABODETABEK, KARAWANG, MEDAN, SURABAYA, YOGYAKARTA, BANDAR LAMPUNG

TIPS UNTUK PENCEGAHAN GAGAL GINJAL

Bukan lagi menjadi urusan yang harus dibiarkan begitu saja apabila anda mulai mengalami gejala dari penyakit gagal ginjal. Karena gagal ginjal termasuk penyakit yang cukup mematikan. Banyak penderita yang tidak dapat tertolong nyawanya karena mengalami keterlambatan pengobatan dan kurang tepatnya cara penanganan penyembuhanya. Oleh karena itu dibutuhkan adanya perhatian penuh dari diri sendiri untuk mencegah dari penyakit gagal ginjal. Sebelum itu terjadi tidak ada salahnya kita melakukan langkah-langkah tepat yang cukup efektif untuk menjauhkan diri dari gagal ginjal.

Pencegahan Gagal Ginjal

Memang telah banyak cara pengobatan untuk penyakit gagal ginjal, tapi tetap saja gejala yang timbul akan membuat anda tidak nyaman, dan membutuhkan uang yang cukup besar apabila melakukan pengobatan, belum lagi anda harus membatasi setiap kegiatan sehari-hari karena adanya penyakit gagal ginjal. Dengan adanya tips untuk menjauhkan diri dari gagal ginjal ini diupayakan untuk bisa meminimalisir anda terkena penyakit gagal ginjal.

Gagal ginjal sendiri terjadi karena adanya kerusakan sistem saraf kerja ginjal itu sendiri dalam jangka waktu yang labih dari 3 bulan. Di awali dengan tidak lancarnya pembuangan air kencing dan rasa sakit pada bagian perut. Gejala-gejala yang timbul seperti hilangnya nafsu makan, badan gatal-gatal, terjadinya pembengkakan didaerah tertentu pada tubuh dan lain sebagainya. Apabila anda merasakan beberapa gejala yang telah disebutkan segeralah anda melakukan pemeriksaan dengan serius. Meskipun gejala yang timbul tidak selalu karena adanya penyakit gagal ginjal tapi dengan melakukan pemeriksaan adanya penyakit lainnya juga ikut terdeteksi.

Dan berikut ini tips untuk anda menjauhkan diri dari penyakit gagal ginjal.

1. Jangan melakukan hal-hal yang dapat memicu ginjal mengalami kerusakan. Adapun hal-hal yang dapat merusak organ ginjal antara lain.

  • Merokok. Zat kimia dalam rokok cukup mampu membuat ginjal rusak dalam kurun waktu 5 bulan dengan pengonsumsian rutin setiap hari (1 bungkus rokok). Pecandu rokok aktif lebih cepat dalam memberikan efek negatif pada ginjal dan orang-orang disekitar perokok aktif juga akan terkena efek sampingnya. Maka dari itu bagi perokok aktif mulai lah menghentikan kebiasan pola hidup buruk tersebut agar ginjal anda dan untuk anda perokok pasif (orang yang tidak merokok tapi menghirup asap rokok dari perokok aktif) cobalah untuk menjauh diri dari mereka perokok aktif atau menggunakan masker pelindung.
  • Kurang minum air putih. Dehidrasi juga mampu membuat kinerja ginjal mengalami penurunan karena oksigen yang dibawa air dalam ginjal dapat membuatnya terus bekerja dengan optimal. Minimal 8 gelas ukuran 250 ml dalam sehari. Selain dapat mengoptimalkan fungsi ginjal air putih juga akan membuat anda terus merasa segar sepanjangan hari.
  • Minuman beralkohol. Dalam sebuah penelitian fungsi ginjal dalam terganggu karena terlalu banyak asupan alkohol ke dalam tubuh.
  • Adanya penyakit lain seperti tekanan darah tinggi. Tekanan darah yang cukup tinggi membuat ginjal harus ektra keras dalam melakukan tugasnya. Apabila hal ini terus terjadi maka ginjal akan mengalami penurunan fungsi secara signifikan.
  • Kurang menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan. Bakteri yang hadir karena lingkungan kotor lalu masuk kedalam tubuh maka bakteri itu kan merusak sistem jaringan saraf ginjal, alhasil ginjal akan mengalami kurasakan.

2. Lakukan chek up secara berkala minimal 3 bulan sekali. Hal ini bertujuan untuk selalu memantau kinerja ginjal anda. Apabila diketahui ginjal anda mengalami penurunan fungsi maka secara cepat dan tepat anda hal itu akan cepat teratasi tanpa harus menunggu timbulnya gejala gagal ginjal.

3. Ubahlah pola hidup anda ke pola hidup yang lebih sehat. Menjaga lingkungan dan kebersihan tubuh. Hal ini akan membuat virus jahat dari luar akan sulit bersarang di tempat tinggal anda atau ditubuh anda.

4. Lakukan aktifivitas fisik secara rutin minimal  2 kali dalam seminggu. Badan yang selalu sehat dan bugar secara otomatis organ dalam juga akan selalu fress.

5. Cobalah untuk menjaga pikiran dari suasana tres yang berlangsung lama. Stres akan membuat tekanan darah meningkat hal ini akan mengakibatkan penurunan fungsi ginjal.

Itulah beberapa tips pencegahan gagal ginjal, yang apabila Anda menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, secara tidak sadar anda telah melakukan hal untuk menjauhkan diri dari penyakit gagal ginjal. Mencegah memang selalu lebih efektif dari pada mengobati. dan apabila Anda terjangkit penyakit gagal ginjal, maka lakukanlah pengobatan gagal ginjal yang ampuh untuk proses penyembuhannya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.