Pemesanan : 0811-7231-093 | COD JABODETABEK, KARAWANG, MEDAN, SURABAYA, YOGYAKARTA, BANDAR LAMPUNG

TIPS PANTANGAN MAKANAN BAGI PENDERITA ASAM URAT

Pantangan Makanan Penderita Asam Urat – Tidak ada yang menginginkan masa tuanya bertemu dengan penyakit asam urat. Tentu semua orang ingin menikmati masa tua dengan rasa nyaman aman dan bahagia tanpa adanya rasa sakit dan harus membatasi setiap kegiatannya.

Asam urat sering terjadi pada orang-orang yang berumur 35 tahun ke atas karena penumpukan asam urat sudah terlalu banyak dan membuat sendi-sendi kaki dan tangan terasa sakit. Tapi sekarang tidak sedikit orang-orang dengan umur yang masih muda merasakan atau terkena penyakit asam urat, karena tidak sedikit dari mereka tidak memperhatikan asupan makanan setiap hari. Banyak sekali makanan yang mengandung zat atau senyawa yang mampu memicu kadar asam urat dalam tubuh terus meningkat dengan kurun waktu yang tidak  lama.

Penyakit Asam Urat

Untuk itu diperlukan perhatian penuh dan pengetahuan mengenai penyakit asam urat. Baik mengenai penyakit maupun penyebab apa saja yang dapat menimbulkan penyakit asam urat. Lebih bagus lagi anda sudah tahu mengenai gejala dan penangan yang tepat supaya apabila sewaktu-waktu anda atau keluarga anda terjangkit penyakit ini bisa disembuhkan dengan cepat dan tepat tanpa harus mengalami kerugian.

Dalam artikel ini akan membahas beberapa pantangan makanan yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Bagi anda yang sekarang mengidap penyakit asam urat tentu sangat tidak dianjurkan memakan makanan yang dibawah ini. Dan untuk anda yang sehat tanpa adanya asam urat berlebih dalam tubuh tidak ada salah untuk mengurangi porsi makannya.

Karena setiap hari anda memakan makanan ini maka bisa saja suatu saat kadar asam urat bisa saja mengalami penumpukan dan mengakibatkan sendi anda sakit. Oleh karena itu cobalah untuk menjaga makanan dan menggabungkannya dengan buah buahan sehat, sayuran dan makanan lainnya yang lebih alami dengan kadar gula yang sedikit.

Adapun pantangan makanan bagi penderita asam urat antara lain:

  1. Rokok. Didalam rokok terdapat banyak sekali zat kimia yang apabila terus menerus dikonsumsi akan merusak organ ginjal didalam tubuh. Maka yang akan terjadi metabolisme tidak akan berjalan dengan lancar dan zat asam urat pun akan terus meningkat karena tidak lancarnya proses pengeluaran dari dalam tubuh.
  2. Minuman alkohol dan softdrink. Setelah melakukan pengujian dibeberapa laboratorium yang menghasilkan data bahwa alkohol atau adanya soda dalam minuman dapat meningkatkan jumlah kadar asam urat dalam tubuh.
  3. Cemilan ringan (kacang-kacangan, semua jenis emping dan melinjo). Beberapa jenis makanan ringan mengandung protein yang terlalu tinggi untuk dikonsumsi. Karena protein yang terlalu tinggi mampu meningkatkan zat purin dalam tubuh sehingga tubuh mengalami peningkatan asam urat.
  4. Beberapa sayuran seperti sawi, daun bayam dan jamur.
  5. Daging kambing, daging sapi dan daging babi.
  6. Ikan sarden, ikan salmon dan beberapa makanan laut seperti kerang-kerangan, udang kepiting dan jenis seafood lainnya
  7. Beberapa jenis obat seperti aspirin dan obat-obatan lainnya yang sering digunakan sebagai obat tekanan darah tinggi.

Itulah beberapa jenis makanan yang apabila setiap hari anda konsumsi secara rutin cepat atau lambat zat asam urat bisa saja mengalami peningkatan kadarnya. Untuk itu cobalah untuk mencampurkan makanan tersebut dengan makanan lain yang bisa mengurangi kadar gula dalam tubuh.

Selain itu pola hidup tidak sehat pun mampu membuat asam urat meningkat. Seringlah melakukan kegiatan fisik minimal 2 kali dalam seminggu, seringnya tubuh melakukan olahraga maka tubuhpun akan semakin sehat dan kuat yang menghasilkan metabolisme dalam tubuh juga ikut meningkat kinerjanya. Apabila Anda mengalami penyakit asam urat maka lakukan pengobatan asam urat secepatnya agar penyembuhannya pun tidak mengalami kesulitan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.