Pemesanan : 0811-7231-093 | COD JABODETABEK, KARAWANG, MEDAN, SURABAYA, YOGYAKARTA, BANDAR LAMPUNG

6 Tanda dan Gejala Terkena Penyakit Kanker Usus

gejala kanker ususPenyakit kanker dapat terjadi di seluruh organ tubuh manusia, termasuk pada saluran pencernaan yaitu usus besar. Kanker terbentuk dari pertumbuhan sel abnormal kemudian membentuk suatu jaringan yang dapat merusak fungsi dari organ yang ditempatinya. Dalam kasus kanker usus, sel kanker tumbuh berkembang tak terkendali. Sel kanker ini dapat berkembang di sepanjang jaringan usus dan pada umumnya dapat didiagnosis menggunakan metode kolonoskopi.

Apabila sudah memasuki tahap lanjut atau stadium lanjut maka penyakit ini akan sangat sulit untuk disembuhkan, bahkan beberapa kasus sudah tidak dapat disembuhkan, dosis obat yang diberikan hanya untuk mengurangi rasa sakit pada penderita. Pengobatan kanker usus dapat memberikan hasil positif apabila sel kanker ini baru berkembang sedikit dan belum menyebar. Oleh karena itu sangat penting mengetahui gejala yang terjadi pada penderita kanker usus.

Gejala atau tanda tanda yang dialami penderita kanker usus

  1. Keluarnya darah pada saat BAB

Gejala atau tanda pertama seseorang mengalami penyakit kanker usus adalah keluarnya darah bersamaan dengan tinja. Karena terjadinya gangguan pada sistem pencernaan sehingga pada saat BAB akan mengeluarkan darah. Gangguan pada sistem pencernaan pun dapat dilihat dari tekstur tinja yang biasanya menjadi lebih panjang dan lebih tipis.

  1. Terjadi gangguan BAB

Gejala kanker usus kedua ditandai dengan gangguan BAB. Karena berkembangnya sel kanker pada organ usus sehingga merusak sistem dan fungsi pencernaan, alhasil dapat menyebabkan gangguan BAB seperti, sembelit, diare, ataupun BAB yang tidak teratur. Jika anda mengalami hal seperti itu yang berkepanjangan maka segera periksakan kondisi anda.

  1. Anemia

Pada saat seseorang menderita kanker usus maka gejala yang dialami adalah anemia. Darah akan banyak keluar pada saat BAB hal ini akan bepengaruh terhadap kadar hemoglobin yang dapat menyebabkan penyakit anemia. Anemia ini ditandai dengan tubuh mudah merasa lemas dan kulit menjadi pucat.

  1. Tubuh mudah merasa lelah

Bagi penderita kanker usus, akan mengalami rasa lelah yang berkepanjangan meskipun tidak melakukan aktivitas yang berat. Hal ini biasanya terjadi karena penyakit anemia.

  1. Berat badan menurun drastis

Penderita kanker usus akan mengalami penurunan berat badan yang drastis, meskipun porsi makan tetap sama tidak ada perubahan atau pengurangan sedikit pun. Hal ini disebabkan karena gangguan pada sistem pencernaan yang membuat tubuh tidak dapat mencerna makanan dengan baik.

  1. Perut terasa tidak enak

Gejala atau tanda terakhir dari penderita kanker usus adalah perasaan yang tidak enak pada perut seperti kembung, nyeri, kram, peradangan dan lain lain. Perasaan tidak nyaman tersebut terjadi akibat dari pertumbuhan jaringan sel kanker yang merusak sistem pencernaan.

Itulah keenam gejala atau tanda yang dialami oleh seorang penderita kanker usus. Jika anda merasakan atau mengalami tanda tanda diatas maka segeralah untuk dilakukan pemeriksaan ke dokter atau rumah sakit khusus organ dalam. Semakin cepat dilakukan penanganan maka tingkat kesembuhan pun akan semakin tinggi. Penanganan terhadap kanker usus dapat dilakukan melalui medis maupun pengobatan herbal kanker usus. Kedua pengobatan tersebut sama sama bagus, tinggal bagaimana hati anda dan kepercayaan anda untuk menjalani pengobatan yang mana.

Penyakit kanker usus sangat perlu diwaspadai karena penyakit ini sangat mematikan, apalagi bagi anda yang memiliki faktor faktor seperti dibawah ini :

– Faktor usia

Seorang yang berusia lanjut diatas 50 tahun lebih tinggi resiko terkena kanker usus dibanding yang lebih muda.

– Faktor keluarga

Jika orang tua atau keluarga anda ada yang pernah menderita kanker usus, maka kemungkinan besar akan turun kepada anda.

– Radang usus.

Apabila usus mengalami peradangan dan tidak diobati segera maka dapat berdampak pada pertumbuhan sel sel kanker, yang nantinya dapat merusak fungsi usus besar, dan resiko terjadi kanker usus semakin tinggi.

– Pola makan yang tidak sehat

Pola makan yang tidak sehat seperti jarang mengkonsumsi makanan berserat serta sering mengkonsumsi makanan berlemak akan berdampak buruk pada sistem pencernaan, lama kelamaan dapat menyebabkan peradangan pada usus dan berujung pada kanker usus.

– Gaya hidup yang tidak sehat

Penerapan gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, sering mengkonsumsi minuman beralkohol serta jarangnya berolah raga sudah pasti dapat meningkatkan resiko kanker usus, selain itu penyakit penyakit lain pun akan menghampiri anda.

Baca juga arikel terkait tentang Fakta Fakta Penting Kanker Usus

Itulah informasi singkat yang dapat kami bagikan mengenai penyakit kanker usus serta tanda tanda gejala kanker usus. Semoga dengan informasi ini dapat mengurangi resiko tersebut dalam lingkungan keluarga anda dan orang orang terdekat anda. Semoga bermanfaat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.