Pantangan Makanan Untuk Penderita Batu Empedu yang Harus Anda Ketahui

Pantangan makanan merupakan hal yang wajib dilakukan ketika seseorang mengalami penyakit tertentu dan harus menjalani pengobatan agar penyakit yang sedang diobati tidak bertambah parah. Begitu juga dengan batu empedu, ada pantangan makan untuk penderita batu empedu yang seringkali tidak digubris atau secara tidak sadar tetap melakukannya.

Batu empedu terbentuk dari penumpukan kolesterol yang berada di dalam tubuh dan masuk ke dalam kantong empedu beserta cairan empedu yang akhirnya mengeras dan menjadi batu empedu. Penyakit ini hampir menyerang semua kalangan usia yang tidak menjaga pola makan dan gaya hidup sehat sehingga penyakit batu empedu menyerang mereka.

Pada umumnya jenis pantangan makan ini terdiri dari 6 jenis makanan yang harus dihindari dan tidak dimakan dulu selama proses penyembuhan. Apa saja makanan tersebut? Mari kita simak bersama sama…

  1. Telur

telur pantangan makanan batu empeduMerupakan salah satu makanan yang harus dihindari oleh penderita batu empedu karena kandungan kolesterol yang dimilikinya. Meski tergolong sebagai makanan sehat sumber protein tetapi telur sangat tidak baik untuk penderita batu empedu karena dapat meningkatkan kolesterol dan membentuk batu empedu yang baru.

  1. Daging yang Mengandung Lemak.

Lemak dalam daging merah merupakan sumber kolesterol tinggi dan lemak tak jenuh yang dapat menyebabkan pembentukan batu empedu. Pantangan makan penderita batu empedu yang satu ini dapat diganti dengan jenis lain seperti daging ikan atau ayam, tetapi hindari mengkonsumsi bagian kulit dan organ (jeroan) karena mengandung kolesterol.

Baca Juga : Makanan Sehat Penderita Batu Empedu

  1. Makanan Gorengan.

Segala jenis makanan yang digoreng menggunakan minyak goreng tentu akan mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi sehingga sangat potensial untuk meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Hindari masakan yang digoreng dengan minyak sayur, mentega, atau lemak hewan, gantilah minyak yang digunakan dengan minyak zaitun atau canola oil jika ingin mengkonsumsi makanan yang digoreng.

  1. Makanan Kaleng dan Kemasan.

Mengkonsumsi makanan yang telah diolah dan diawetkan dalam kaleng dan kemasan mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi yang tidak baik untuk kesehatan kantong empedu. Hindari makanan ini termasuk makanan cepat saji atau junk food karena dapat memicu pembentukan batu empedu.

  1. Produk Susu Tinggi Lemak dan Olahannya.

Segala jenis susu yang berlemak tinggi beserta yang sudah diolah seperti keju, yogurt, es krim, krimer sebaiknya dihindari dulu karena mengandung lemak hewani dengan kadar tinggi. Pantangan makan penderita batu empedu yang  satu ini dapat mempengaruhi proses pengobatan batu empedu yang sedang berjalan menjadi lebih lambat.

Itulah beberapa pantangan makan untuk penderita batu empedu yang harus dihindari bagi Anda yang memiliki masalah dengan kantong empedunya. Mengkonsumsi lebih banyak air dan sayuran  serta buah tinggi serat sangat baik untuk melarutkan dan mengeluarkan batu empedu dari dalam tubuh.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.