Pemesanan : 0811-7231-093 | COD JABODETABEK, KARAWANG, MEDAN, SURABAYA, YOGYAKARTA, BANDAR LAMPUNG

Olah Raga yang Baik Bagi Pasien Jantung Koroner

Olahraga untuk pasien jantung koronerOlah raga yang baik bagi pasien jantung koroner – Penyakit jantung koroner merupakan penyakit yang paling menakutkan dengan tingkat kematian tertinggi. Jika seseorang sudah menderita jantung koroner maka yang harus dilakukan adalah menerapkan pola hidup sesehat sehatnya. Mulai dari makanan yang dia makan, aktivitas pribadinya, hingga Kegiatan olah raga yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantungnya.

Pada artikel in kami akan memberikan informasi mengenai olah raga seperti apa yang baik dilakukan bagi pasien jantung koroner. Olah raga memang menyehatkan jantung, namun bagi penderita jantung koroner, jika salah dalam melakukan olah raga maka dapat berdampak fatal. Untuk itu sebelum melakukan olah raga maka si pasien perlu mendapatkan arahan dari dokter ahlinya.

Olah raga bagi pasien jantung dapat memberikan beberapa manfaat yang penting, antara lain :

– Dapat membantu dalam mengurangi peradangan yang merupakan penyebab utama dari rusaknya lapisan pembuluh darah arteri koroner, sehingga dengan rutin melakukan olah raga perlahan lahan kerusakan lebih parah pada organ jantung dapat dihindari.

– Mencegah terjadinya serangan jantung di kemudian hari, sehingga dapat mengurangi resiko kematian akibat jantung koroner.

– Mengurangi menumpuknya plak plak pada pembuluh arteri koroner, dan jika olah raga secara rutin kemungkinan dapat mengurangi plak plak pada dinding pembuluh arteri koroner. Seperti yang diketahui pembuluh arteri koroner dapat menghambat aliran darah sehingga darah menjadi tidak lancar.

Itu lah beberapa manfaat dari olah raga yang dilakukan pada pasien jantung koroner, jika olah raga dilakukan secara tepat sesuai arahan dari ahlinya maka dapat membantu proses pemulihan jantungnya.

Olah raga yang tepat yang baik dilakukan bagi pasien jantung koroner harus dilakukan bertahap sesuai dengan kemampuan jantung si pasien. Jadi untuk melakukan olah raga harus dikonsultasikan dulu dengan ahlinya untuk menggunakan metode yang tepat. Penggunaan metode yang tepat dilakukan dengan cara sebagai berikut

– Frekuensi. Banyaknya latihan yang dilakukan dalam 1 minggu dianjurkan 3 sampai 5 kali latihan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan perbaikan bertahap dari otot otot jantung.

– Intensitas. Pada umumnya intensitas latihan dapat dilihat dari tingkat denyut nadi pasien.

– Kenaikan secara bertahap. Dalam latihan bagi pasien jantung koroner juga harus mengalami peningkatan, namun harus bertahap sesuai dengan kemampuan jantung si pasien. Program latihan dimulai dengan latihan ringan selama 4 sampai 6 minggu, setelah itu ditingkatkan secara bertahap menjadi program latihan yang lebih berat, dan begitu berikutnya hingga mencapai batas maksimal si pasien.

– Waktu. Untuk waktu latihan pada umumnya yang dianjurkan adalah selama 30 sampai 50 menit. 5 sampai 10 menit dilakukan pemanasan, 30 sampai 45 menit melakukan aktivitas olah raganya, dan 5 menit melakukan fase cool down.

– Tipe. Tipe olah raga yang dilakukan harus mengenai sebagian besar otot dan pada umumnya bersifat aerobik seperti, besepeda, mengayuh, berjalan, jogging, naik tangga, dan aktivitas lainnya. Tentunya tipe latihan yang dipilih harus yang sesuai dengan kesukaan pasien jangan yang membosankan sehingga pasien dapat lebih bersemangat.

Baca juga info penting seputar Gejala dan Penyebab Jantung Koroner.

Nah itulah metode olah raga yang baik bagi pasien jantung koroner. Bagi Anda yang masih memiliki jantung yang sehat, rawatlah jantung Anda sebaik mungkin terapkan pola hidup yang sehat dan jangan lupa rajin lah berolah raga karena dapat membantu kesehatan jantung Anda.

Semoga dengan mengetahui olah raga yang baik dilakukan bagi pasien jantung koroner dapat membantu proses pemulihan para pasiennya. Semoga bermanfaat.

Source : www.medscape.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.