Pemesanan : 0811-7231-093 | COD JABODETABEK, KARAWANG, MEDAN, SURABAYA, YOGYAKARTA, BANDAR LAMPUNG

Mengenali Tanda dan Gejala Asam Urat Sejak Dini

Asam urat merupakan suatu penyakit yang terjadi akibat dari pengendapan kristal zat purin pada persendian yang akan membuat persendian terasa nyeri. Asam urat biasanya dapat terbentuk akibat dari gaya hidup yang tidak sehat, seperti kelebihan berat badan, mengkonsumsi makanan berlemak dan junk food, mengkonsumsi minuman beralkohol, minuman yang mengandung pemanis buatan, dan lain lain.

Jika masih mempertahankan kehidupan yang tidak sehat seperti itu maka bukan tidak mungkin dalam usia muda pun anda akan mengalami asam urat. Berikut adalah gejala penyakit asam urat yang harus Anda ketahui.

Tanda atau Gejala penyakit asam urat

Gejala asam uratPenyakit asam urat umumnya ditandai dengan rasa nyeri pada bagian persendian, sering terjadi secara tiba tiba dan lebih sering terjadi di malam hari. Agar dapat mengatasi penyakit ini maka perlu diketahui gejala gejalanya, berikut gejala gejala penyakit asam urat:

Nyeri pada persendian. Rasa nyeri pada persendian biasanya terjadi pada persendian jempol kaki. Selain di jempol kaki, titik titik asam urat dapat terjadi pada pergelangan kaki, lutut, tangan serta pergelangan tangan. Nyeri pada persendian tersebut dibarengi dengan terjadinya pembengkakan serta berwarna kemerah merahan. Rasa sakit yang teramat parah dapat terjadi dalam 4 jam pertama sampai 12 jam setelah rasa sakit itu terasa.

Terasa tidak nyaman pada bagian persendian. Setelah rasa sakit yang teramat parah tersebut hilang atau reda, pada bagian persendian terasa sesuatu yang tidak nyaman dan dapat berlangsung selama beberapa hari sampai beberapa minggu.

Terjadi peradangan dan persendian berwarna kemerah merahan. Persendian yang terdapat asam urat akan mengalami peradangan dan menjadi bengkak disertai dengan warna kemerah merahan.

Berikut gejala lainnya yang dapat dirasakan pada penderita asam urat:

  • Terasa nyeri, ngilu pada persendian akibat dari peradangan
  • Rasa nyeri tersebut terjadi pada malam hari dan pada saat bangun tidur
  • Rasa nyeri terjadi pada persendian bagian kaki, tangan, tumit, dan lain lain
  • Rasa nyeri yang terjadi secara berulang ulang
  • Apabila rasa nyeri tersebut teramat sakit maka penderita akan sulit untuk melakukan aktivitas

Lihat Juga : Obat Herbal Asam Urat

Tahap tahap perkembangan asam urat

– Tahap Awal

Seseorang penderita asam urat akan memiliki tingkat kadar asam urat yang tinggi dalam darah, namun pada tahap awal si penderita tidak mengalami gejala yang signifikan.

– Tahap Kedua

Pada tahap kedua kristal kristal asam urat sudah mulai terbentuk, dan biasanya akan mengendap pada persendian bagian jempol kaki. Pada tahap ini asam urat sudah mulai menyerang persendian, namun persendian tersebut masih terasa normal. Dalam beberapa waktu kedepan endapan kristal asam urat tersebut akan menyebabkan peradangan pada persendian dan dapat berlangsung lama bahkan dapat terjadi pada persendian lainnya.

– Tahap Ketiga

Pada tahap ini endapan kristal asam urat sudah tinggi dan terjadi di lebih dari satu persendian. Dan harus segera mendapatkan penanganan yang serius.

Jika anda mengalami gejala asam urat diatas seperti terasa sakit pada persendian secara tiba tiba harus segera periksakan ke dokter, jika tidak diobati maka peradangan pada persendian akan semakin parah dan akan lebih sulit untuk diobati. Rasa nyeri pada persendian tersebut sangat menyiksa bahkan ada kasus sampai si penderita tidak dapat berjalan. Penanganan yang cepat dan tepat adalah solusi yang terbaik dalam penyembuhan penyakit asam urat.

Cara terbaik adalah dengan mencegahnya, pencegahan dapat dilakukan dengan menghindari hal hal yang dapat menyebabkan penyakit asam urat. Mulailah untuk hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, hindari makanan cepat saji yang sangat berbahaya bagi kesehatan, jaga berat badan serta atur jadwal olah raga sehingga metabolisme tubuh dapat berjalan dengan baik. Dengan menerapkan pola hidup yang sehat niscaya anda akan terhindar dari penyakit asam urat.

Source : www.mayoclinic.org

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.