Pemesanan : 0811-7231-093 | COD JABODETABEK, KARAWANG, MEDAN, SURABAYA, YOGYAKARTA, BANDAR LAMPUNG

Daftar Makanan Sehat Untuk Penderita Batu Empedu

Penderita batu empedu biasanya akan sulit untuk mengkonsumsi makanan tertentu, karena harus dihindari dulu selama masa pengobatan. Namun rupanya ada juga beberapa jenis makanan sehat bagi penderita batu empedu.

Penumpukan enzim bilirubin dan kolesterol di dalam kantong empedu akan menyebabkan batu empedu semakin banyak dan besar. Oleh karena itu dibutuhkan makanan sehat untuk penderita batu empedu, yang dapat menekan produksi enzim dan mengikat kolesterol untuk dibuang dari dalam tubuh.

10 Makanan Sehat Untuk Penderita Batu Empedu

Makanan sehat yang dimaksud adalah makanan yang dapat mencegah timbulnya batu empedu baru, sekaligus membantu mengeluarkan batu empedu itu sendiri. Sayuran hijau, buah buahan, dan biji bijian merupakan sumber serat yang sangat baik untuk mengikat kolesterol berlebihan di dalam tubuh dan metabolisme pencernaan.

Selain itu daging ikan dengan lemak omega-3 seperti salmon dan tuna sangat baik untuk menstabikan kolesterol di dalam tubuh dan produk susu rendah lemak seperti yogurt yang sangat baik untuk metabolisme pencernaan. Kacang kacangan  juga dapat membantu produksi enzim lebih normal dan menstabilkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Baca Juga : Langkah Diagnosis Batu Empedu

makanan sehat untuk penderita batu empeduBerikut beberapa contoh makanan sehat untuk pasien penyakit batu empedu:

  1. Minyak Zaitun, tidak dapat disangkal lagi bahwa minyak yang satu ini merupakan sumber lemak tak jenuh tinggi (HDL) yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam tubuh yang menyebabkan batu empedu. Minyak zaitun extra virgin olive oil sangat baik untuk dikonsumsi dengan mencampurkannya ke dalam masakan Anda.
  2. Beras Merah & Biji Gandum, kedua jenis bahan dasar makanan ini sangat tinggi serat dan rendah karbohidrat sehingga sangat baik untuk pencernaan dan mengikat kolesterol di dalam tubuh.
  3. Brokoli, sayuran hijau makanan pencegah batu empedu ini sudah terkenal kaya serat dan banyak mengandung vitamin, karbohidrat, dan kalsium. Brokoli dapat menetralkan produksi enzim yang berlebihan dalam sistem pencernaan.
  4. Ikan Tuna dan Salmon, kedua jenis ikan yang hidup secara liar di alam ini merupakan sumber lemak omega-3 yang sangat baik untuk menjaga keseimbangan kolesterol di dalam tubuh.
  5. Yogurt adalah hasil olahan susu sapi yang difermentasi rupanya dapat dijadikan sebagai makanan pencegah batu empedu karena kandungan probiotik dan lemak tak jenuh yang ada di dalamnya. Selain itu yogurt juga dapat membersihkan saluran pencernaan dari enzim dan kolesterol yang berlebihan.
  6. Jeruk Lemon adalah salah satu buah yang kaya vitamin C dan memberikan efek oksidasi terhadap lemak dan kolesterol di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsinya maka penumpukan kolesterol di dalam tubuh dapat dikurangi.
  7. Tomat, merupakan salah satu buah sumber mineral, vitamin, dan anti oksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Senyawa likopen yang ada di dalam tomat sangat baik untuk meredakan peradangan yang terjadi pada kantong empedu, sehingga rasa nyerti karena batu empedu dapat diredakan dengan tomat. Baca juga : Manfaat Tomat Lainnya
  8. Buah Semangka adalah buah yang kaya akan kadar air dengan kandungan sampai lebih dari 90% ditambah vitamin dan anti oksidan lainnya seperti likopen dan asam amino. Kandungan air yang dimiliki semangka juga dapat mencegah dehidrasi dan terjadinya peradangan pada kantong empedu.
  9. Mentimun juga merupakan salah satu buah yang mengandung kadar air tinggi yang sangat baik untuk kesehatan kantong empedu. Mengkonsumsinya dalam bentuk lalapan ataupun jus mentimun dapat memberikan dampak positif terhadap penderita batu empedu.
  10. Air Kelapa Muda Hijau, seperti yang kita tahu bahwa buah kelapa mengandung air kelapa yang ada di dalam batok buah kelapa dengan rasa yang menyegarkan. Kandungan isotonik dan elektrolit yang ada di dalam air kelapa mampu mencegah dehidrasi dan membersihkan saluran pencernaan serta kantong empedu dari penumpukan lemak dan kolesterol jahat.

Itulah beberapa makanan pencegah batu empedu yang dapat membuat penderita batu empedu lebih sehat dan dapat meringankan penyakit yang sedang diderita. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan wawasan Anda tentang makanan sehat untuk penderita batu empedu.

Baca Juga : Obat Penghancur Batu Empedu Tanpa Operasi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.