Pemesanan : 0811-7231-093 | COD JABODETABEK, KARAWANG, MEDAN, SURABAYA, YOGYAKARTA, BANDAR LAMPUNG

Hubungan Antara Merokok dan Kanker Paru Paru

kanker paru paruSaat ini, banyak orang yang sudah menyadari hubungan antara merokok dan penyakit kanker paru paru. Meskipun demikian, saya masih sering mendengar pernyataan banyak orang,” paman saya perokok aktif selama 60 tahun tapi tidak mengalami penyakit kanker paru paru,”” Malahan bibi saya yang tidak pernah merokok, malah terkenan penyakit kanker paru paru.” Sebuah pernyataan yang membingungkan bukan? Jadi apakah rokok penyebab kanker paru paru atau tidak?

Tentang Merokok dan Kanker Paru Paru

Menurut sebuah laporan dari Surgeon General pada tahun 1964 dalam judul merokok dan kesehatan, masyarakat sudah banyak yang menyadarai resiko dari merokok. Dalam laporan tersebut, diperkirakan bahwa perokok aktif memiliki resiko sembilan sampai sepuluh kali lipat lebih besar terkenan kanker paru paru dibandingkan yang tidak merkokok. Sebuah artikel Readers Digest, “Cancer by the Carton.” pada tahun 1952 menunjukan bahwa merokok penyebab utama dengan tingkat sebesar 87% dari penderita kanker paru paru di negara Amerika Serikat.

Seorang pria perokok aktif yang sudah merokok lebih dari 23 kali memiliki resiko lebih besar terkena kanker paru paru dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok dan bagi kaum wanita perokok aktif yang sudah merokok 13 kali lebih memiliki resiko lebih tinggi terhadap kanker paru paru dibandingkan yang tidak merokok. Melihat data statisitik ini menunjukan penyakit kanker paru paru berhubungan langsung dengan jumlah rokok yang dihisap.

Bagaimana Merokok dapat menjadi Penyebab Kanker Paru paru?

Terdapat lebih dari 50 zat kimia berbahaya yang terdapat pada asap tembakau yang diketahui dapat menyebabkan penyakit kanker. Beberapa zat zat kimia karsinogen yang dapat menyebabkan kanker paru paru antara lain arsenik, benzena, nikel, vinil klorida dan lain lain.

Merokok dan Jenis Kanker Paru

Jenis penyakit kanker paru paru yang terjadi pada orang yang sering merokok berbeda dengan orang yang tidak merokok. Jenis kanker paru paru sel kecil menyumbang sebesar 20% dari penderita kanker paru paru, dan hampir selalu terjadi pada orang yang merokok ataupun tidak merokak. Non-kanker paru paru sel kecil (NSCLC) merupakan jenis penyakit kanker paru paru yang lebih banyak ditemui pada orang yang tidak merokok, namun sebagian besar kasus juga terjadi pada orang yang merokok.

Apakah Berhenti merokok dapat mengurangi Risiko Kanker Paru paru?

stop merokokTidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok, jika anda berhenti merokok sebelum usia 30 tahun, maka dapat mengurangi resiko penyakit kanker paru paru lebih besar, selain itu anda dapat mengurangi resiko orang lain disekitar anda terhadap kanker paru paru. Menuruti penelitian berhenti di usia 50 tahun dapat mengembangkan resiko terkenannya penyakit kanker paru paru, namun berhenti di usia berapun sangat baik untuk mengurangi resiko penyakit ini.

Berhenti Merokok Setelah Diagnosis Kanker Paru

Bahkan apabila seseorang telah terdiagnosis terkena penyakit kanker paru paru, berhenti merokok dapat memberikan perbebdaan yang cukup signifikan. Berhenti merokok dapat membantu proses operasi lebih sukses, pengobatan menjadi lebih efektif, dan menurunkan resiko kematian akibat penyakit lainnya, seperti kanker lainnya ataupun penyakit jantung. Berhenti merokok juga sangat baik bagi kesehatan tubuh dan dapat meningkatkan kualitas hidup setelah diagnosis kanker paru paru.

Deteksi Kanker Paru paru

Pada masa lalu cara yang paling ampuh untuk mendeteksi kanker paru paru tahap awal terhadap perokok aktif adalah dengan melakukan x-ray, namun cara tersebut sudah tidak dianjurkan lagi. Hasil study menunjukan bahwa sebagian orang, lebih memilih untuk melakukan screening kanker paru paru untuk mendeteksi kanker paru paru pada tahap awal. Jika anda seorang perokok aktif ataupun mantan perokok sebaiknya konsultasikan dengan dokter mengenai screening tersebut, untuk mengantisipasi hal buruk yang dapat terjadi pada diri anda.

Baca juga artikel menarik seputar Fakta Penyakit Kanker Paru Paru

Pandangan negatif terhadap Penderita Kanker Paru Paru

Karena merokok selalu dikait kaitkan dengan penyakit kanker paru paru, terdapat sebuah pandangan negatif terhadap penderita kanker paru paru. Sebuah pandangan negatif terhadap para perokok aktif yang membuat mereka layak untuk mendapatkan penyakit mematikan tersebut. Pandangan negatif ini sangat tidak baik dan tidak adil bagi mereka. Memang sebagian besar penyakit tersebut terjadi akibat dari kesalahan mereka, namun dari sisi kemanusiaan kita harus selalu memberikan semangat moril maupun dukungan bagi mereka, sehingga mereka bisa melawan penyakitnya dengan kepercayaan yang kuat. Pandangan negatif terhadap para penderita kanker paru paru ini harus kita buang jauh jauh, agar harapan hidup mereka menjadi lebih besar.

Merokok merupakan suatu aktivitas yang sangat merugikan, tidak hanya bagi diri anda, orang disekitar anda pun akan menerima dampak buruk dari asap rokok tersebut. Penyakit mematikan sudah menunggu anda bagi para perokok aktif, sebut saja kanker paru paru yang sangat mematikan, tidak hanya itu penyakit jantung, stroke, dan kanker lainnya dapat menggerogoti tubuh anda.

Dengan mengetahui hubungan antara rokok dengan kanker paru paru diharapkan dapat membuka mata anda untuk berhenti merokok. JIka anda sudah tidak memikirkan diri anda sendiri, setidaknya pikirkanlah orang orang disekitar anda yang anda sayangi, baik itu istri anda, anak anda, orang tua anda, teman anda dan lainnya lagi. Mulai lah terapkan pola hidup yang sehat, berhenti merokok dan jauhi rokok, ganti dengan aktivitas menarik yang menyehatkan seperti berolah raga. Dengan demikian anda akan terhindar dari penyakit ini dan kesehatan tubuh tetap terjaga. Semoga bermanfaat.

Sumber : www.cancer.gov

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.