Pemesanan : 0811-7231-093 | COD JABODETABEK, KARAWANG, MEDAN, SURABAYA, YOGYAKARTA, BANDAR LAMPUNG

FAKTOR PENYEBAB TIMBULNYA DIABETES

Faktor Penyebab Diabetes Melitus – Penyakit diabetes memang sangat mengerikan apabila ini terjadi pada kita. Faktanya banyak orang yang mengidap diabetes dan orang yang sehat tidak tahu bahwa setiap hari mereka telah menanam benih diabetes secara perlahan dengan mengonsumsi makanan yang didalamnya terkanjung zat glukosa yang melebihi batas kadar gula yang dibutuhkan tubuh. Diabetes terjadi karena terlalu banyaknya zat glukosa dalam darah yang terus menerus akan merusak sistem jaringan darah yang akhirnya akan memberikan efek buruk seperti luka yang sulit untuk disembuhkan.

Penyebab Diabetes Melitus

Sangat penting bagi anda untuk mengetahui makanan apa saja yang seharusnya tidak kita konsumsi dengan jumlah banyak, makanan yang mampu menyumbangkan gula berlebih dalam darah kita. Setelah mengetahuinya diupayakan untuk adanya niatan dari diri sendiri untuk mengubah pola hidup yang lebih sehat, dengan satu tujuan yakni tidak mengalami atau mengidap penyakit diabetes.

Kebanyakan dari penderita diabetes adalah mereka yang berumur diatas 30 tahun, karena pada umur 30 tahun ke atas penumpukan glukosa dalam darah sudah melebihi batas. Dari ketidaktahuannya lah tentang makanan makanan dengan kadar gula yang banyak membuat diabetes dialami oleh mereka.

Kali ini kita akan membahas faktor apa saja yang dapat menimbulkan penyakit diabetes.

  1. Suka mengonsumsi minuman dengan porsi gula berlebih. Sekarang telah banyak minuman instan yang tersedia ditoko terdekat yang menggunakan bahan pemanis yang terlalu tinggi, seringnya mengonsumsi minuman seperti itu cukup memberikan asupan gula kedalam tubuh dalam jumlah yang lumayan besar, belum lagi bahan kemasan yang digunakan berupa plastik yang apabila bertemu dengan suhu tinggi senyawa kimianya akan bercampur dengan air yang diolah. Teh manis juga memberikan asupan gula dalam tubuh cukup untuk membuat anda terkena diabetes apabila rutin dikonsumsi setiap hari selama 1 tahun tentu dengan kadar gula diatas 2 sendok teh.
  2. Sering memakan makanan ringan seperi biskuit dan makanan lainnya yang manis-manis. Tanpa disadari kegiatan yang cukup menyenangkan ini ikut meningkatkan zat glukosa dalam tubuh yang apabila tidak dikurangi pengonsumsiannya akan memberikan efek buruk bagi kesehatan.
  3. Melakukan aktifitas begadang. Kurang tidur juga akan membuat anda terkena diabetes. Saat tidur semua organ dalam tubuh akan bekerja secara optimal seperti ginjal yang berusaha menstabilkan kadar gula dalam tubuh. Dan begadang mampu membuat ginjal mengalami penurunan fungsinya alhasil glukosa juga jarang dipecah menjadi zat lain sehingga glukosa terus menerus menumpuk dalam darah.
  4. Jarang melakukan kegiatan berolahraga. Dengan rutin berolahraga minimal 2 kali dalam seminggu mampu mengurangi gula dalam tubuh karena banyaknya gerakan membutuhkan energi yang cukup. Gula dalam tubuh akan diubah menjadi energi untuk keperluan kegiatan badan. Apabila jarang melakukan olahraga glukosa dalam tubuh akan terus menumpuk menjadi lemak karena tidak sering diolah menjadi energi.
  5. Termasuk pecandu rokok pasif. Rokok menyumbangkan 22 persen dalam usaha menimbulkan penyakit diabetes. Terlalu banyak kandungan zat kimia dalam rokok yang mengakibatkan rusaknya metabolisme dalam tubuh yang mengubah gula menjadi energi.
  6. Stres yang terus menerus. Stres bisa meningkatkan tenakan darah tinggi dan kartisol yang membuat kadar gula juga ikut naik. Jika dibiarkan sebegitu saja maka akan melebih batas yang dibutuhkan tubuh dalam kegiatan sehari-hari.
  7. Kelebihan Vitamin D. Vitamin D dalam tubuh memang bagus apabila sesuai dengan kebutuhan tubuh tapi akan memberikan dampak negatif apabila kadarnya melebihi batas. Vitamin D akan merusak sistem kerja metabolisme tubuh.
  8. Sering menggunakan obat kontrasepsi. Senyawa didalam obat kontrasepsi mampu melemah kan kerja ginjal yang mengubah gula menjadi energi apabila dibiarkan terus menerus maka gula juga akan mengalami penumpukan.

Jadi itulah beberapa faktor penyebab diabetes melitus. Cobalah mengubah pola hidup anda ke pola hidup yang lebih sehat agar selalu sehat sampai hari tua. apabila anda sekarang terjangkit penyakit diabetes, maka lakukanlah pengobatan penyakit diabetes sesegera mungkin.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.