Pemesanan : 0811-7231-093 | COD JABODETABEK, KARAWANG, MEDAN, SURABAYA, YOGYAKARTA, BANDAR LAMPUNG

Cara dan Langkah Diagnosis Penyakit Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal bukanlah penyakit yang boleh disepelekan karena dapat mengganggu fungsi metabolisme tubuh terutama organ ginjal itu sendiri. Penyakit batu ginjal yang dibiarkan begitu saja dapat menimbulkan gangguan pada organ ginjal yang disebut dengan gagal ginjal. Oleh karena itu konsulstasi dengan dokter ahli sangat diperlukan dalam diagnosis penyakit batu ginjal ini.

penyakit batu ginjalIni merupakan tindakan pertama yang harus anda lakukan dengan memberikan informasi lengkap pasien kepada dokter mulai dari gejala gejala yang dirasakan. Selain dari gejala, dokter juga akan memeriksa riwayat kesehatan anda sebelumnya, apa pernah mengalami penyakit ginjal, ada famili yang pernah terkena batu ginjal, dan apa mengkonsumsi obat obatan tertentu dalam waktu yang lama.

Jika dari hasil diagnosis awal dari gejala dan faktor lain yang menguatkan kemungkinan anda terkena batu ginjal, maka dokter akan melanjutkan ke tindakan selanjutnya. Beberapa tindakan diagnosis penyakit batu ginjal tersebut antara lain adalah tes urine, USG, X-Ray, CT Scan, dan intravenous urogram / IVU.

  1. Tes Urine

Tes urine merupakan tindakan diagnosis dasar secara fisik dengan meneliti air urine pasien apakah ditemukan adanya infeksi saluran kemih karena adanya batu ginjal. Melaui tes urine juga dapat diketahui jenis penyakit batu ginjal yang diderita oleh si pasien.

  1. Tes Darah

Dengan melakukan tes darah dokter ingin mengetahui zat apa saja yang menjadi penyebab batu ginjal terbentuk di dalam ginjal, seperti zat asam urat dan kalsium yang berlebihan / tidak normal. Selain itu dengan melakukan tes darah juga dapat mengetahui apakah fungsi ginjal si pasien masih normal atau ada gangguan.

  1. Screening (USG, X-Ray, CT Scan, dan IVU)

Langkah diagnosis penyakit batu ginjal yang terakhir adalah menggunakan citra gambara / screening dengan menggunakan metode tertentu seperti USG, X-Ray, CT Scan, atau IVU. Pemeriksaan ini sangat akurat untuk mengetahui apakah ada pembentukan batu ginjal di dalam tubuh. Diantara proses screening di atas, prosedur CT Scan menjadi pilihan yang terbaik untuk mengetahui keberadaan batu ginjal di dalam organ ginjal pasien secara akurat dibanding prosedur yang lain.

Baca juga : Cara Alami Untuk Mengeluarkan Batu Ginjal

Kesimpulan

Dengan hasil diagnosis penyakit batu ginjal yang akurat dan jelas maka dokter dapat menganjurkan pasien untuk melakukan tindakan pengobatan yang tepat untuk dilakukan sesuai dengan penyakit batu ginjal yang sedang diderita pasien.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.