Pemesanan : 0811-7231-093 | COD JABODETABEK, KARAWANG, MEDAN, SURABAYA, YOGYAKARTA, BANDAR LAMPUNG

CARA MUDAH MENGETAHUI GEJALA PENYAKIT ASMA

Cara Mengetahui Gejala Asma – Banyak orang malah membiarkan sesak nafas dibiarkan begitu saja padahal itu bisa saja termasuk gejala awal kanker paru-paru. Keterlambatan penanganan malah akan mempersulit penyembuhan dan bisa saja tidak bisa terselamatkan. Oleh karena itu jangan pernah menganggap remeh penyakit asma. Apabila anda merasakan beberapa gejala yang versis dengan gejala asma yang akan kita bahas kali ini, maka tindakan pertama adalah jangan cemas dan langsung memeriksakan ke tempat kesehatan terdekat seperti klinik maupun puskesmas setempat.

Gejala Penyakit Asma

Ada cara mudah untuk memastikan sendiri dirumah gejala awal dari penyakit asma sebelum anda memeriksakan diri ke dokter. Beberapa cara berikut cukup akurat untuk memastikan sesak nafas yang anda alami karena asma atau hanya sesak nafas biasa. Simaklah dengan seksama.

  • Pertama cobalah dengarkan setiap anda bernafas apakah ada suara mengik yang muncul. Suara mengik yang keluar diakibatkan adanya penyumbat disaluran pernafasan.
  • Kedua apakah anda sering mengalami sesak nafas? Jika itu terjadi diatas 3 kali dalam seminggu bisa saja itu termasuk gejala awal asma. Cepatlah lakukan pemeriksaan dan jangan dulu menggunakan obat-obatan yang beredar ditoko tanpa anjuran dari dokter.
  • Ketiga, dada anda terasa sakit. Memang dada yang terasa sakit tidak selalu sebagai indikator bahwa anda pengidap asma karena dada yang sakit bisa saja karena adanya penyakit lain. Tidak ada salahnya juga anda memeriksakan diri ke dokter. Meskipun sakit didada bukan karena asma dengan melakukan pemeriksaan penyakit lain yang diderita pun bisa diketahui.
  • Ke empat, anda mengalami batuk dan bersin-bersin yang cukup sering.
  • Ke lima, suasana hati anda berubah dan susah tidur. Asma memang membuat pernafasan tidak stabil yang membuat saraf otak merespons dengan spontan alhasil anda akan merasakan tidak nyaman.
  • Ke enam, tubuh anda cepat lelah dan letih. Apakah anda merasakan hal seperti itu? Apabila iya, maka sebaiknya anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut.
  • Ke tujuh, adanya warna hitam berbentuk lingkaran terbentuk dibawah mata.

Pada kasus tertentu gejala penyakit asma tidak sama sekali muncul dan langsung mengalami asma, tentu anda harus lebih waspada akan penyakit ini. Cara untuk mengantisipasi penyakit asma dengan selalu menjaga pola hidup anda. Berhenti merokok dari sekarang, gunakan masker setiap berpergian dan jauhi hal-hal pemicu penyakit asma seperti bulu halus hewan, polusi udara, udara dingin dan lain sebagainya.

Selagi anda tidak merasakan hal-hal seperti diatas, anda tidak perlu terlalu khawatir tapi apabila anda mengalami gejala awal yang diatas maka lakukanlah pemeriksaan ke dokter. Jangan membiarkan begitu saja, karena semakin cepat anda mendapatkan penanganan yang tepat maka proses penyembuhan pun akan mudah.

Bagi anda yang sekarang mengalami penyakit asma, jangan terlalu khawatir karena sudah banyak obat asma yang ampuh atau cara untuk menyembuhkan penyakit asma. Ada yang berbentuk obat-obatan hingga alat kecil yang sangat praktis untuk mengantisipasi serangan asma yang sering terjadi secara mendadak. Ketahuilah cara penanganan pertama apabila anda terserang asma, karena itu akan sedikit mengurangi dampak negatif dari penyakit ini.

You may also like...

2 Responses

  1. Yusolifatun says:

    Artikelnya bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published.