Pemesanan : 0811-7231-093 | COD JABODETABEK, KARAWANG, MEDAN, SURABAYA, YOGYAKARTA, BANDAR LAMPUNG

Cara Mudah Mencegah Penyakit Asma Yang Ampuh

mencegah asmaAsma merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup menyiksa, pasalnya penyakit ini mengganggu sistem pernapasan dan dapat membuat seseorang sulit untuk bernafas. Jika anda memiliki penyakit asma yang perlu anda lakukan adalah dengan menjauh pemicu pemicu asma, agar asma anda tidak kambuh. Meskipun penyakit asma tidak ada obatnya, namun langkah langkah yang tepat dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya asma.

Faktor pemicu penyakit asma

Untuk menghindari penyakit asma, perlu diketahui apa pemicunya, berikut beberapa pemicu asma yang perlu diketahui :

  • Polusi udara
  • Alergi
  • Udara Dingin
  • Flu
  • Radang Selaput Lendir
  • Asap Rokok
  • Aroma parfum

Sangat penting untuk mengetahui pemicu penyakit asma ini agar dapat diambil langkah langkah pencegahan.  Jika anda memiliki riwayat penyakit asma dan ingin melakukan olah raga, atau melakukan kegiatan di luar lingkungan dengan udara yang dingin, lembab atau kering sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar dapat dilakukan pengobatan yang tepat seperti dengan menyiapkan inhaler.

Pencegahan Terhadap Penyakit Asma

Pengidap Alergi

Jika anda memiliki alergi dan mengidap penyakit asma, sangat penting untuk menjauhkan diri dari paparan alergen. Alergen merupakan zat yang dapat menyebabkan alergi seperti bulu wol, bulu bulu halus, debu, tungau. Paparan alergen tersebut dapat menyebabkan peradangan pada saluran pernapasan si penderita asma. Dengan mengurangi kontak terhadap paparan alergen tersebut dapat membantu anda dalam mengurangi serta dapat mencegah terjadinya serangan asma.

Baca juga artikel menarik tentang Cara Mudah Mengetahui Gejala Penyakit Asma

Jauhkan Diri dari Asap

Asap merupakan salah satu faktor yang dapat memicu terjadinya penyakit asma, sebisa mungkin untuk menghindarinya, seperti asap rokok, dupa, lilin, asap kebakaran, kembang api, asap kendaraan, dan lain lain. Hindari menghidupkan rokok dan kendaraan di dalam rumah agar rumah terbebas dari polusi, hindari tempat tempat yang penuh dengan asap rokok. Rokok dapat memperburuk kondisi penyakit asma seseorang.

Pemberian vaksin terhadap penyakit flu

Lindungi tubuh anda dari penyakit flu, karena penyakit flu dapat membuat asma anda semakin memburuk. Flu dapat membuat penderita penyakit asma mengalami komplikasi seperti pneumonia. Bagi mereka yang berusia diatas 19 tahun harus mendapatkan suntikan pneumonia yang disebut pneumovax sekali setiap lima sampai 10 tahun. Dengan pemberian vaksin terhadap flu dapat mengurangi resiko terjadinya asma.

Imunoterapi terhadap alergi

Jika anda memiliki alergi, maka anda dapat melakukan suntikan imun terhadap alergi (imunoterapi) yang dapat mencegah dan mengurangi gejala gejala alergi serta mencegah semakin memburuknya penyakit asma yang anda derita. Suntikan alergi biasanya akan diberikan dalam dosis kecil, disuntikan di bawah kulit anda dengan jadwal yang rutin dan teratur. Selama proses tersebut tubuh anda akan menjadi terbiasa dengan paparan alergen sehingga hal ini dapat mencegah terjadinya penyakit asma.

Asma memang tidak dapat disembuhkan, namun dapat dicegah. Cara yang terbaik adalah dengan menghindari pemicu pemicu dari penyakit asma tersebut. Mulailah dengan menerapkan pola hidup yang sehat sehingga tubuh anda akan selalu bugar dan terhindar dari penyakit asma. Semoga Anda dapat mencegah penyakit asma yang bisa menyerang siapa saja.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.