7 Fakta Penting Tentang Penyakit Leukimia atau Kanker Darah

Penyakit leukimia adalah salah jenis kanker yang menyerang area sumsum tulang dan sel sel darah dengan tingkat kematian yang cukup tinggi karena keganasan kanker ini. Penyakit leukimia ini biasanya menyerang usia mulai anak anak sampai remaja, namun juga dapat terjadi pada orang dewasa dengan resiko yang lebih kecil.

penyakit leukimiaAda 7 fakta penting penyakit leukimia menurut penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli kedokteran dan penyakit dunia. Berikut antara lain:

  1. Penyakit Leukimia dibagi menjadi 4 jenis berdasarkan sel darah yang diserang dan tingkat gejala yang ditimbulkan yaitu:
    • Leukimia Myelogenous Akut (AML) adalah jenis leukimia yang menyerang sumsum tulang pembentuk sel darah merah, trombosit, dan myeloblast (sejenis sel darah putih). AML lebih cenderung menyerang orang dewasa dibanding anak anak.
    • Leukimia Myelogneous Kronis (CML) jenis leukimia ini menyerang sumsum tulang yang menyebabkan bertambahnya produksi sel darah putih yang tidak sehat dan banyak kasus terjadi pada orang dewasa.
    • Leukimia Limfositik Akut (ALL) leukimia ini sering disebut dengan limfoblastik leukimia yang paling banyak menyerang anak anak pada sistem limfatik karena daya tahan tubuh yang lemah.
    • Leukimia Limfositik Kronis (CLL) penyakit ini banyak menyerang orang usia remaja dan dewasa muda yang menyerang sistem limfatik dan membuat produksi sel darah putih yang tidak sehat.
  2. Leukimia dimulai dari sumsum tulang yang tidak sehat. Tubuh kita memproduksi sebagian besar sel darah putih untuk sistem kekebalan tubuh, sel darah merah untuk mengangkut oksigen, dan trombosit untuk menghentikan pendarahan di sumsum tulang. Orang dengan leukimia memproduksi sel darah dengan fase yang tidak sesuai dan melewati fase dewasa sehingga sel sel normal dipaksa keluar dari sumsum tulang.
  3. Jenis sel darah yang terkena kanker akan menentukan jenis leukimia itu sendiri. Dalam ALL kasusnya adalah sel darah putih, sedangkan pada CML adalah sel darah merah atau granulosit yang terkena kanker.
  4. Leukimia akut berkembang lebih cepat dan merusak jaringan sel daripada leukimia kronis yang cenderung berkembang lambat. Hal ini dipengaruhi berdasarkan kondisi kesehatan secara keseluruhan dan sistem kekebalan tubuh. Lihat Juga : Makanan Sehat Pencegah Kanker Darah
  5. Tingkat bertahan hidup penyakit leukimia pada umumnya sekitar 5 tahun dan ada yang mampu bertahan lebih lama dari 5 tahun.
  6. Umur menentukan faktor resiko seseorang terkena penyakit leukimia ini. Anak anak di bawah usia 15 tahun memiliki kecenderungan terkena leukimia dan orang dewasa yang berusia di atas 55 tahun dimana sistem kekebalan tubuh belum sepenuhnya terbentuk atau sudah mulai menurun. Selain itu faktor resiko lain juga akan mempengaruhi seperti: terkena radiasi tingkat tinggi, kemoterapi, polusi zat kimia, sindrom down / turner, dan riwayat keturunan keluarga.
  7. Gejala leukimia atau kanker darah yang umumnya dialami berupa demam disertai keringat berlebihan di malam hari, mudah lelah, tubuh terasa lemah, gusi bengkak disertai perdarahan, hati dan limpa membengkak, amandel bengkak, nyeri sendi dan tulang, muka pucat, dan kehilangan berat badan drastis.

Itulah ketujuh fakta penting tentang penyakit leukimia atau kanker darah yang perlu Anda ketahui. Pahamilah bahwa setiap penyakit selalu ada jalan keluar untuk sembuh dan dengan menjaga pola hidup sehat dapat menjauhkan diri Anda dari penyakit penyakit berbahaya lainnya.

Baca Juga : Obat herbal leukimia

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.